Tanpa Kita Sadari Makanan Yang Kita Anggap Halal Bisa Menjadi Haram Karena Beberapa Faktor Ini

Sahabat, sebagai seorang muslim kita harus menaati aturan yang telah ditetapkan oleh Allah, termasuk untuk tidak memakan makanan yang dianggap haram. Tapi makanan yang telah dianggap halalpun dapat menjadi haram jika…..

Halal (diperbolehkan) adalah segalah objek atau kegiatan yang diizinkan atau dilakukan dalam agama islam. Sedangkan Haram adalah sebuah status hukum terhadap suatu aktivitas atau keadaan suatu benda mislanya makanan.

Sudah sangat jelas sekali bahwa sesuatu yang hukumnya haram baik itu sebuah kegiatan atau objek tidak boleh dilaksanakan oleh seluruh umat manusia. Tapi banyak sekali manusia yang melanggar apa yang seharusnya haram untuk dilakukan misalnya berzina, minum-minuman keras, dan mencuri.

Bahkan sesuatu yang halal bisa menjadi haram karena beberapa faktor terutama untuk makanan, berikut penyebabnya:

 

Memiliki Komposisi Yang Haram

Gambar terkait

 

Biasa kita menjumpai beberapa makanan yang dijual di pasaran ataupun beberapa tempat lainnya. Biasanya makanan tersebut memang halal, akan tetapi kita tidak tahu jika makanan tersebut diolah dengan komposisi yang haram karena bahan utama makanan tersebut sudah dianggap halal.

Misalnya kue ulang tahun, beberapa inovasi baru untuuk pembuatan kue ulang tahun. Kue ulang tahun memang tidak haram, tapi banyak yang membuat kue tersebut dengan campuran alkohol untuk membuat rasa yang berbeda.

Dan mie ayam bisa menjadi haram jika menggunakan minya babi. Babi memang diharamkan untuk dikonsumsi karena mengandung cacing pita yang membahayakan tubuh manusia. Sekarang banyak orang yang menggunakan minyak dari babi untuk campuran mie ayam karena rasa dari mie ayam tersebut akan menjadi lebih nikmat.

 

Alat Masak Yang Digunakan Merupakan Bekas Masak Dari Masakan Yang Haram

Hasil gambar untuk Alat Masak Yang Digunakan Merupakan Bekas Masak Dari Masakan Yang Haram

 

Maksudnya adalah, alat masak yang kita gunakan seperti sutil, wajan dan lain-lain adalah bekas dari memasak makanan yang haram seperti memasak daging babi.

Setelah memasak daging babi tersebut dan mencucinya wajan tersebut akan tetap menjadi haram jika kita mengkonsumsi makanan yang telah dimasak dari wajan tersebut.

Bisa juga seperti teh yang dibuat dan pengadukan teh tersebut menggunakan sendik yang terbuat dari tulang anjing.

 

Tercampur Sesuatu Yang Haram Dan Didapat Dengan Cara Yang Tidak Baik

Gambar terkait

Misalnya sebuah makanan yang halal telah dijilat oleh seekor anjing, maka makanan tersebut akan menjadi haram. Lalu ada kopi atau m,inuman lain yang telah dicampur dengan minuman keras, maka kopi tersebut akan menjadi haram

 

Hasil gambar untuk makanan yang didapat dari cara yang haram

Didapat dengan cara yang tidak baik, maksudnya adalah jika makanan tersebut atau uang yang kita dapatkan untuk membeli makanan tersebut berasal dari mencuri atau dari mengambil hak orang lain, maka makanan tersebuit akan menjadi haram.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*