BALI TANPA GEDUNG TINGGI – Kenapa yahh?

Siapa yang tidak tau dengan pulau yang satu ini, begitu banyak tempat wisata serta budayanya yang masih sangat kental. Namun di Bali ternyata sangat…..

Apakah sahabat pernah memikirkan, mengapa di Bali tidak terdapat gedung-gedung tinggi? bukankah Bali sangat terkenal? berikut ini akan kami ulas megapa hal tersebut sangat di jaga agar tidak terjadi :

 

Dari beberapa orang yang kita temui, ada pertanyaan yang sangat menarik yaitu tentang alasan mengapa ” Tidah Boleh Membuat Gedung Di Bali “. Mereka mendapatkan alasan yang masih simpang siur seperti,  jika bangunan dibuat terlalu tinggi akan lebih berbahaya tersambar petir, kedua karena tempat sembahyang umat Hindu berada jauh di bawah gedung jadi, itu tidak sopan, ada juga yang berkomentar mengatakan bahwa tidak ada gedung untuk umat Hindu di Bali sebab untuk apa membuat gedung orang di Bali, sedangkan profesi orang Bali lebih banyak di sawah. Menurur saya  orang-orang yang berkomentar seperti itu ada benarnya dari segi budaya, namun apakah jawaban yang sesungguhnya???

 

Hasil gambar untuk gedung pencakar langit

 

Tahukah anda jika devisa terbesar Indonesia adalah berasal dari pulau Bali, menurut saya membangun gedung tinggi tidaklah sulit, jadi bukan alasan yang tepat jika karena profesi orang Bali tidak mampu membangun gedung tinggi, jika kita kembali pada budaya dan tradisi, untuk apa membuat gedung jika didalam budaya orang Bali tidak mengharuskan membuat gedung?

 

Gambar terkait

 

Gedung hanyalah bangunan besar yang ditujukan kepada orang-orang yang berprofesi di bidang perkantoran saja dan tidak ada sangkut pautnya dengan budaya. Berbeda denga hotel ataupun penginapan, yang memberi pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung ke pulau Bali, hal itu sudah jelas kaitannya dengan budaya orang bali yang sangat menyatu dengan pariwisata.

 

Kembali kepada bahasan pertama, “Kenapa tidak boleh membuat gedung tinggi di Bali???” Jawabannya adalah Pulau Bali ini memang memiliki segudang alasan yang membuat banyak orang yang penasaran. Salah satu alasan tersebut adalah tidak adanya gedung yang tinggi bahkan gedung pencakar langit.
   Hasil gambar untuk gedung tertinggi di bali
Saya dulu juga sangat penasaran dengan hal yang satu ini, susah sekali menemukan gedung tinggi di bali? segala sesuatu yang terjadi pasti ada alasannya begitu juga dengan hal yang ini.
Seperti yang diketahui sejak tahun 1971 ditetapkanlah peraturan tinggi gedung maksimal 15 meter, atau tidak boleh lebih tinggi dari pohon kelapa. Hal ini tak ubahnya untuk menjaga kelestarian arsitektur Bali serta menjadi “benteng” dari budaya Bali. Namun ada satu-satunya gedung yang melebihi tinggi dari pohon kelapa, yaitu “Hotel Bali Beach”. Mengapa Demikian? Hotel Bali Beach ternyata dibangun sejak tahun 1966, dimana peraturan tinggi gedung waktu itu masih belum ada.
Gambar terkait
Dalam hal ini, saya mendapatkan kekurangan dari peraturan yang sudah ditetapkan. Penduduk luar yang menetap ke Bali akan semakin banyak, satu-satunya solusi adalah membuat gedung yang tinggi. Jika tidak, maka luas tanah atau persawahan yang akan menjadi korban pembuatan perumahan yang semakin meledak.
itulah alasan mengapa pulau Bali tidak memiliki gedung tinggi, masih asli dan menjaga kearifan lokal tentunya yahh sahabatt..
(Visited 20 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*