Seberapa Besar Gizi Yang Diperlukan Tubuh Setiap Harinya?

Tubuh manusia memerlukan gizi dan nutrisi yang seimbang setiap harinya. Pemenuhan gizi yang cukup untuk tubuh berfungsi untuk…….

Zat gizi merupakan zat pada makanan yang dibutuhkan organisme dalam pertumbuhan dan perkembangan yang digunakan secara langsung oleh tubuh. Lain halnya dengan nutrisi merupakan substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Balita yang kekurangan gizi dapat menyebabkan anak menderita gizi buruk. Anak yang menderita gizi buruk dapat dilihat dari ciri-cirinya seperti:

  • Adanya pembengkakan (biasanya di bagian punggung kaki dan wajah) akan membulat serta lembab
  • Pandangan mata yang sayu
  • Rambut yang tipis dan agak kemerahan
  • Pembesaran pada hati
  • Sering diare dan anemia

Gizi buruk tidak hanya terjadi pada anak saja melainkan dapat terjadi terhadap orang dewasa pula. Pemenuhan gizi untuk tubuh sangat penting dan dapat mencegah terjadinya gizi buruk.

Zat gizi dibagi menjadi 2 yaitu makronutrisi dan mikronutrisi. Makronutrisi memiliki peranan penting untuk menghasilkan energi yang bermanfaat untuk pemeliharaan dan pertumbuhan tubuh. Makronutrisi terdiri dari:

 

1. Karbohidrat

Hasil gambar untuk makanan yang mengandung karbohidrat

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Tubuh membutuhkan 1200 kalori setiap harinya dan 1 gram karbohidrat yang dikonsumsi dapat menghasilkan energi sebesar 4 kalori. Kalori yang berlebih akan disimpan dan menjadi lemak.

Adapun makanan yang dapat menjadi sumber karbohidrat bagi tubuh diantaranya nasi, kacang-kacangan, roti, jagung, kentang, singkon, nasi merah. Bagi anda yang dalam program diet sebaiknya mengonsumsi karbohidrat IG rendah seperti kacang-kacangan dan nasi merah karena dapat meningkatkan gula darah perlahan dan memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga mencegah  asupan kalori yang berlebihan.

 

2. Protein

Hasil gambar untuk makanan yang mengandung protein

Protein dalah komponen terbesar dari tubuh manusia setelah air. Protein berfungsi sebagai sumber energi, pertumbuhan, proses regenerasi sel, penyembuhan luka, membantu kerja hormon dan enzim dalam tubuh. Sama seperti karbohidrat, 1 gram protein setara dengan 4 kalori.

Protein dibagi menjadi 2 yaitu protein hewani yang terdapat pada ayam, ikan, telur, susu, daging sapi dan nabati yang terdapat pada kacang-kancangan seperti kacang polong dan kedelai.

 

3. Lemak

Hasil gambar untuk makanan yang mengandung lemak

Satu gram lemak setara denga 9 kalori. Tubuh memerlukan 62 gram lemak setiap harinya. Lemak dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut, suhu tubuh, metabolisme tubuh, membantu melarutkan vitamin A, D, E, dan K.

Lemak terbagi menjadi 2 jenis ada lemak baik dan jahat atau biasa disebut lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak baik dapat diperoleh dari olive oil, canola oil, minyak sayur, biji-bijian dan lain-lain, sedangkan lemak jahat dapat diperoleh dari daging, jeroan, margarin dan makanan yang digoreng.

 

Sedangkan Mikronutrisi adalah nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Makronutrisi terdiri dari vitamin, mineral, dan serat.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*