Green Tea? Sehat Enggak Sih? Efek Sampingnya Apa Yah?

Hai Sahbat, pasti sahabat sudah pada tahu minuman Green Tea atau biasa kita sebut matcha sering kita konsumsi karena rasanya yang unik. Tapi, apakah sehat minuman itu sehat? danĀ  ada efek samping enggak ya mengkonsumsi green tea?

Green tea dan matcha sebenarnya berbeda namun ada keterkaitan antara 2 kata tersebut. Green tea merupakan teh hijau sedangkan teh hijau yang telah digiling atau dihaluskan sehingga menjadi bubuk disebut dengan matcha.

Selain diminum pada acara minum teh matcha biasanya akan dijadikan sebagai isian atau perisa berbagai makanan seperti mochi, soba, eskrim, es serut, dan lain-lain.

Green tea memang menyehatkan untuk tubuh dan banyak sekali manfaatnya, seperti:

  • Menyehatkan Kulit
  • Menghindari Resiko Kebotakan
  • Menghilangkan Jerawat
  • Menurunkan Berat Badan
  • Mengatur Tekanan Gula Darah
  • Mengurangi Resiko Kanker
  • Mengurangi Resiko Penyakit Jantung Dan Kolestrol
  • Menangkal Radikal Bebas
  • Menghilangkan Sakit Kepala

Gambar terkait

 

Tapi, mengkonsumsi green tea ternyata ada efek sampingnya loh sahabat. Apa aja efek samping dari mengkonsumsi green tea?

Siapa yang tidak pernah mengkonsumsi green tea? sekarang banayak pengusaha di dunia kuliner yang menjajakan produknya dengan perisa green tea. Mulai dari minuman hingga makanan sekarang ini berperisa green tea atau matcha. Selain karna rasanya yang khas matcha memang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

 

Gambar terkait

 

Tapi jika mengkonsumsi green tea secara berlebihan akan menyebabkan efek samping, yaitu:

1. Kelebihan Kafein

Green Tea mengandung kafein yang dapat meningkatkan resiko jantung berdebar, sakit perut, gelisah, kecemasan, insomnia. Mungkin dalam setiap produk teh hijau kandungan kafeinnya yang berbeda-beda, tapi biasanya dalam satu kantung mengandung 30mg kafein.

 

2. Gangguan Penyerapan Zat Besi

Greeb Tea mengandung antioksidan yang disebut flavonoid yang dapat mengikat zat besi, sehingga zat besi tidak terserap sempuran oleh tubuh. Tapi flavonoid ini sendiri dapat memberikan efek perlindungan dari radikal bebas yang dapat mengakibatkan kerusakan sel-sel dalam tubuh.

 

3. Komplikasi Medis

Teh hijau tidak aman bagi penderita anemia, glukoma, penyakit jantung, dan gangguan pendarahan. Teh hijau juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.

Kafein yang ada pada green tea dapat mengganggu kesehatan otak pada janin Anda, sehingga dipastikan janin sulit berkembang. Selain itu juga dapat menyebabkan cacat tabung saraf pada janin.

 

Gambar terkait

 

Sebenarnya, Anda dapat mengkonsumsi green tea kapan saja. Asalkan takaran atau jumlahnya yang sesuai dengan aturan dan tidak berlebihan sebab segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi tubuh.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*