Aktivitas Ini Dapat Meredakan Stres

Sahabat Kirana sering mengalami stres yang berkepanjangan? Seperti ini caranya agar dapat meredakan stres? nomor 5 paling ampuh!

Stres merupakan gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Bisa saja tekanan atas kegagalan indidvidu untuk memenuhi keinginannya. Tekanan tersebut juga bisa berasal dari diri sendiri maupun dari luar.

Stres dapat menyebabkan perubahan dalam metabolisme, meningkatkan detak jantung dan tarikan napas, menaikkan tekanan darah, menimbulkan sakit pada kepala, dan beresiko serangan jantung. Akan tetapi, stres juga memliki peliuang potensi keberhasilan pada diri kita jika kita tidak stres berlebihan dan dapat mengambil sisi positifnya. Gimana cara mengatasi stres?

 

1. Makan Coklat

 

Coklat memilki rasa manis dan memiliki kandungan dopamin dan serotonin dapat membuat perasaan lebih baik. Akan tetapi, jangan konsumsi coklat dalam jangka waktu yang panjang. Karena kandungan gulanya yang dapat menyebabkan inflamasi atau peradangan. Jika dikonsumsi sesekali pada saat stres masih sangat dianjurkan.

 

2. Mandi Dengan Air Hangat

 

Mandi dengan air hangat dapat menenangkan kondisi psikologis, membuat saraf- saraf dan jaringan dalam tubuh lebih rileks, dan dapat membantu mengatasi insomnia. Anda juga bisa berendam di bath-up dengan air hangat dan ditemani beberama aromaterapi agar dapat meredakan stres anda.

 

3. Membaca

 

Membaca juga salah satu upaya yang dapat meredakan stres. Usahakan bacalah buku yang sekiranya tidak membosankan dan menarik bagi anda seperti, buku cerita fiksi, novel-novel, buku pengetahuan, dan komik. Dengan membaca buku mungkin anda akan terlarut dengan pembahasan buku tersebut dan sedikit melupakan penyebab stres anda. Mungkin tidak meredakan stres dalam jangka panjang akan tetapi dapat sedikit meredakan stres.

 

4. Mendengarkan Musik 

 

Musik dapat mengurangi kecemasan dan meredakan stres anda. Sepertiga dari orang yang mendengarkan musik bertujuan untuk meredakan stres, menaikan mood yang buruk, dan memberikan dorongan susana hati agar lebih baik. Putarlah beberapa musik favorit anda dan juga dianjurkan untk mendengarkan musik-musik klasik. Beberapa jenis musik juga dapat meningkatkan koherensi jantung sehingga kondisi jantung lebih sehat.

 

5. Berdoa

 

Berdoa dan beribadah menjadi salah satu upaya yang paling ampuh mengatasi stres. Dengan berdoa anda dapat berserah diri dan menyampaikan keluh kesah anda kepada-Nya. Berdoa juga membuat anda terhubung dengan kesehatan spiritual.

 

Stres memang dapat dialami oleh semua orang. Jadi, jangan terlalu kelelahan dan pastikan pola makan anda teratur dan sehat.

 

 

 

 

(Visited 2 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*