5 Cara Ini Dapat Menghilangkan Prasangka Buruk

Berprasangka buruk sering kita lakukan, ternyata prasangka buruk dapat merusak mood kita nih sahabat.. Ayooo hilangkan prasangka buruk yang merusak hari ini…..

Berikut ini adalah tips & cara agar kita dapat menghilangkan prasangka buruk nih sahabat, Let’s see….

 

Hasil gambar untuk berprasangka

 

1.Ingatlah fakta kebaikannya dimasa lalu

Cobalah sahabat ingat-ingat lagi deh kebaikan apa aja yang ada di mala lalu, kalo kita sering berprasangka buruk, hanya karna mereka berbicara agak keras, bukan berarti mereka membenci kita. Bisa jadi itu bukti pedulinya terhadap sahabat.
Ingatlah dulu mereka pernah ikut sedih saat sahabat sedang sakit dan kesulitan, maka tidak akan ada tempat bagi pikiran negatif yang menghinggap.

 

2.Cobalah anda kurangi interaksi dengan orang-orang yang berpikiran buruk

Tidak menutup kemungkinan bahwa sebetulnya awal mulanya kenapa kita berpikiran negatif dan tidak bisa menghilangkan prasangka buruk kepada orang lain adalah karna kita ketularan orang-orang yang ada di sekitar kita.

Misalnya saja, mereka suka menggosipi aib orang lain dan suka mengeluh namun tidak memiliki solusi, apabila dilingkungan kita banyak orang yang seperti itu (pasti ada), maka ada baiknya kita kurangi saja berinteraksi dengan mereka, namun bukan berarti kita harus menjauhi mereka, tentu saja sahabat perlu mengajak mereka untuk menjadi lebih baik.

 

3.Klarisikasi, Jangan berprasangka

Alternatif dari berprasangka buruk bukan hanya saja berprasangka baik, Alternatif lainnya adalah klarifikasi. Ngapain berprasangka-prasangka buruk? kalo bisa dapat info fakta yang sebenarnya dengan mengklarifikasi. Tanyakan saja langsung pada mereka, yang sebenarnya tanpa mengarang-ngarang.

4.Perluas pergaulan

Perluaslah pergaulan, carilah teman sebanyak mungkin jangan membatasi pergaulan hanya dengan orang-orang tertentu. Dengan pergaulan yang luas dan beragam, akan terbuka pikiran dan wawasan tentang segala hal yang ada di sekitar kita. kita pun mudah beradaptasi dan bertoleransi dengan orang lain.

 

5.Perbanyak ibadah

Tingkatkan ibadah. Mendekatkan diri pada Tuhan dengan meningkatkan kualitas ibadah merupakan salah satu cara efektif menepis prasangka buruk serta membuat hati kita tenang dan damai. Amalkan juga surah An-Nur sebanyak banyaknya usai sholat.

لَوْلَا إِذْ سَمِعْتُمُوهُ ظَنَّ الْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بِأَنفُسِهِمْ خَيْرًا وَقَالُوا هَذَا إِفْكٌ مُّبِينٌ

Artinya : Mengapa di waktu kamu mendengar berita bohong itu orang-orang mukminin dan mukminat tidak bersangka baik terhadap diri mereka sendiri, dan  (mengapa tidak) berkata: “Ini adalah suatu berita bohong yang nyata”. ( An-Nur : 12 )

 

Semoga dengan tips di atas bisa menghindarkan kita dari prasangka buruk yaa sahabat..

 

(Visited 6 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*