Pulau Cantik Ini Ternyata Tak Berpenghuni Loh!

Halo sahabat Kirana, di Indonesia ternyata banyak sekali loh pulau nan cantik tapi nggak berpenghuni. Pulau ini……

Indonesia merupakan negara dengan beribu-ribu pulau atau baisa disebut dengan negara kepulauan. Banyaknya pulau di Indonesia tidak bisa dipungkiri lagi kecantikan dan kealamaiannya. Pualu-pulau di Indonesia masih banyak yang belum ersentuh atau bahkan tak banyak diketahui oleh masyarakat luas.

Pasir putih dan airnya yang jernih dapat memanjakan mata Anda dan apabila berkunjung kesana serasa memilki pulau pribadi loh sahabat. Pulau apa aja sih?

 

1. Pulau Pasumpahan

 

 

Terletak di kecamatan Bungus, Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. Untuk menuju kesana sekitar 1 jam perjalanan dari kota Padang ke Sei Pisang, akses jalan menuju ke Sei Pisang sudah tersedia petunjuk dan jalan yang sudah bagus. Sesampainya di Sei Pisang Anda harus menyebrang sekitar 10-15 menit dengan biaya berkisar dari Rp.35.000-Rp. 50.000. Setelah itu sampailah Anda di sebuah pulau cantik dan indah, dan terdapat banyak pulau-pulau kecil yang mengelilingi pulau pasumpahan yang cantik.

Konon katanya asal mula pulau ini dinamakan Pulau Pasumpahan adalah dari cerita tentang seorang anak yang telah merantau dan kembali menjadi saudagar yang kaya raya. Akan tetapi ia malu mengakui ibunya yang miskin, sampai pada akhirnya anak tersebut dikutuk oleh ibunya. Ya, cerita ini merupakan cerita Malin Kundang yang sudah tidak asing lagi ditelinga orang Indonesia. Karena bentuk bukit di pualu ini seperti orang yang sedang bersujud, bukit inilah yang sering dijajaki beberapa orang yang berkemah disini untuk melihat sunrise dan melihat keindahan pulau cantik ini.

Walaupun tidak adanya penduduk di pulau ini, tapi masih banyak tersedia berbagai fasilitas diantaranya mushola, kamar bilas, bangku di sekitaran pulau, lapangan voli, dan water sport.

 

2. Pulau Pombo

 

 

Terletak di Ambon, Maluku Tengah. Untuk menuju ke sana berjarak sekitar 36km dari kota Ambon menuju sebuah pelabuhan tulehu di wali, desa kecil di pesisiran Ambon. Lalu Anda harus menyebrang sekita 30 menit lamanya. Pulau tak berpenghuni ini dikelilingi oleh batuan dan karang atol yang merupakan karang yang berbentuk melingkar. Di pulau ini terdapat ikan langka yaitu ikan moluska yang berenang bebas di dasar laut. Kawasan ini tidak diperbolehkan untuk menetap ataupun tinggal di pulau ini karena sebagian besar daerah pulau ini merupakan lahan konservasi yang dilindungi.

Keindahan pulau ini paling dinikmati ketika air sedang surut, air yang surut dan membentuk daratan perlahan menampakkan berbagai batu karang. Ketika sedang berada di pulau ini, snorekling ataupun menyelam sangat tidak boleh dilewatkan. Ikan-ikan cantik dan bebagai karang atol beserta air yang jernih bak kristal sangat disayangkan jika Anda tidak menikmatinya. Tenang saja, Tempat penyewaan untuk menyelam maupun snorekling pun tersedia disini. Untuk menginap disini tidak disediakan penginapan dan jalan satu-satunya adalah berkemah.

 

Masih banyak sekali pulau-pulau cantik tak berpenghuni di Indonesia, berminat untuk mengunjunginya?

(Visited 5 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*