Pertolongan Pertama Saat Seseorang Tenggelam, Penting Untuk Tahu!

Halo Sahabat Kirana, pada ngerti nggak cara menolong sesorang saat tenggelam? bahaya banget kalau nggak ngerti apa saja yang harus dilakukan? Nomor 3 paling gampang.

Sangat penting untuk menjaga keselamatan pada saat berada di kolam renang, laut, atau kawasan perairan lainnya. Tenggelam merupakan keadaan dimana kondisi tubuh lemas karena kekurangan napas yang disebabkan oleh cairan yang menghalangi kemampuan untuk menyerap oksigen dari udara. Jika seseorang tenggelam yang harus dilakukan untuk pertolongan pertama adalah sebagai berikut:

 

1. Meminta Pertolongan

Kita bisa meminta pertolongan dengan cara berteriak memanggil petugas yang berjaga atau orang-orang sekitar area kolam renang ataupun laut. Cara ini adalah langkah yang tepat dan kemungkinan upaya penyelamatan semakin besar.

 

2. Menggunakan Alat Terdekat Untuk Meraih Korban

Gunakan alat terdekat seperti stik ataupun tongkat yang panjang agar dapat meraih korban. Usahakan alat yang kita gunakan untuk meraih korban dapat dijangkau oleh korban. Atau dengan keadaan memungkinkan anda bisa berenang menuju korban. Sebelum anda berenangt menuju korban dan membopong korba ke daratan, pastikan anda mempunyai kemampuan berenang yang baik.

Jika anda pun tidak memiliki kemampuan berenang yang baik, kemungkinan besar anda akan ikut tenggelam pula. Setelah anda dapat menjangkau korban, anda harus cepat membawa korba ke dartan dengan posisi kepala atau wajah korban berada di atas permukaan air sehingga cairran yang masuk tidak semakin banyak. Setelah sampai di daratan segera baringkan korban dan lakukan napas buatan.

 

3. Nafas Buatan (CPR)

 

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memberi nafas buatan adalah anda harus terlebih dahulu menjepit hidung korban, lalu tempatkan bibir anda diatas mulut korban dalam keadaaan terkatup atau tertutup dan keadaan mulu korban terbuka. Usahakan anda tidak panik dan setelah memberikan nafas buatan anda dapat melakukan CPR(Cardiopulmonary Resuscitation). CPR merupakan teknik kompresi dada untuk seseorang yang perenapasan atau detak jantungnya berhenti secara tiba-tiba atau melambat. Cara melakukan CPR adalah :

-Setelah melakukan napas buatan sebanyak 2 kali (5kali untuk orang dewasa dan anak diatas 1 thn) letakkan telapak tangan ditengah-tengah dada korban.

-Lakukan penekanan kebawah hingga 1-2 cm(5cm untuk dewasa atau anak usia diatas 1thn) dan tidak dianjurkan menekan bagian ujung tulang dada

-Lakukan kompresi dada sebanyak 30 atau lebih kali dengan laju kompresinya 100 kali per menit.

-Periksa korban apakan sudah bernafas kembali

 

4. Jangan Meninggalkan Korban

 

Setelah korban sadar jangan langsung meninggalkan korban. Karena pasti korban akan mengalami trauma karena tenggelam. Dan jangan pula mengajak korba untuk berendam di air hangat untuk menghangantkan tubuh, hal itu akan memperburuk keadaan. Ajaklah korban untuk duduk dan biarkan tubuhnya mengering dan hangat. Sahabat dapat meberikan kain ataupu selimut untuk menghangatkan tubuh. Pastikan korban dapat menelan sesuatu dengan memberikan makanan hangat seperti sup ataupun memberikan coklat panas untuk menghangatkan tubuh.

 

Semoga tips ini bermanfaat untuk sahabat Kirana semuanya.

 

 

(Visited 4 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*