Masjid-Masjid Unik Di Indonesia

Halo sahabat Kirana. Intip yuk beberapa masjid unik di Indonesia yang wajib kamu kunjungi, no 3 bikin pangling loh.

 

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki 88% penduduk muslim dan tercatat 12.7% muslim di dunia berasal dari Indonesia loh sahabat. Berikut beberapa masjid unik di Indonesia.

 

1. Masjid Perut Bumi

 

Terletak di Jl. Gedongombo, Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Seperti namanya, masjid ini terletak di perut bumi atau goa. Masjid ini juga dijadikan sebagai pesantren dan objek wisata yang ramai dikunjungi masyarakat karen keindahannya yang dapat memanjakan mata. Nama masjid ini adalah Masjid Ashbabul Kahfi, sedangkan nama pesantrennya adalah Pesantren Syeh Maulana Maghrobi. Nama pesantren ini diambil dari nama wali yang dulu pernash singgah ditanah Jawa. Untuk menuju ke masjid ini anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dan untuk kendaraan umum sepertinya akan sulit dijangkau.

Dari luar atau pintu masuk goa anda akan disuguhkan oleh pemandangan indah di dinding goa yaitu lukisan-lukisan kaligrafi yang cantik, di mulut goa memang cukup sempit akan tetapi bila anda sudah berada di area dalam goa kalian akan melihat keindahan dan luasnya goa tersebut yang mencapai 3 hektar. Di dalamnya terdapat tempat bertapa, masjidyang dapat menampung 600 jamaah, pesantren yang digunakan santri-santri untuk menuntut ilmu agama dan tempa wudhu. Masjid ini terbuka untuk umum loh sahabat.

 

2. Masjid Agung An-Nur

 

Masjid ini terletak di Jl. Hangtuah, Sumahilang, Pekanbaru Kota, Riau. Sekilas masjid ini terlihat seperti Taj Mahal yang berada di India, maka dari itu masjid ini disebut-sebut sebagai Taj Mahalnya Riau. Masjid ini berdiri sejak 19 Oktober 1968. Masjid yang dapat kita lihat sekarang bukannlah bentuk asli masjid tersebut, pada tahun 2000 masjid ini mengalami pembangunan dan renovasi. Pembangunan yang dilakukan pun menambah luas wilayah masjid ini yaitu dari 4 hektar menjadi 12.6 hektar. Masjid ini juga pernah menjadi sebuah fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negari (IAIN). Masjid An-Nur dilengkapi fasilitas mengajar mulai dari playgrup, SD, SMP hingga SMA. Jadi buat sahabat yang ingin melihat Taj Mahal tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke India cukup di Riau sahabat akan melihat keindahan masjid yang hampir sama dengan Taj Mahal.

 

3. Masjid Cheng Ho Surabaya

Terletak di Jl. Gading, No.2, Ketabang, Kota Surabaya, Jawa Timur. Merupakan masjid bernuansa muslim Tionghoa yang didirikan oleh Muhammad Cheng-Ho. Dari luar mungkin kita akan mengira bahwa bangunan ini bukanlah masjid karena desain dan arsitekturnya yang lebih menuju ke aliran Chineese. Tapi siapa sangka bangunan ini merupakan masjid. Masjid ini didominasi oleh warna merah, hijau dan di pintu masjid ini terlihat seperti pagoda dan terdapat  realif naga dengan lafaz Allah di puncaknya. Masjid ini merupakan masjid pertama di Indonesia yang menggunakan nama muslim Tionghoa.

 

Bagaimana menurut sahabat? apakah berminat untuk mengunjunginya? cukup unik bukan.

 

 

(Visited 10 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*