Kota Kuno Bawah Laut, Kok Ada?

Sahabat, pernahkah kalian mendengar istilah kota kuno yang berada di bawah laut? kalau iya, pasti kalian tau dong beberapa kota kuno bawah laut yang pasti dianggap mistis bagi sebagian orang.

Kalau mendengar kata kuno, hal apa yang pertama kali Anda pikirkan? apakah mesir? atau yunani?. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Kuno berarti lama (dari zaman dahulu). Kuno berarti sesuatu yang lama yang ada sejak zaman dahulu yang dianggap tidak modern, mulai dari adat, tradisi, barang-barang kuno, dan lain-lain.

Tapi bagaimana jika sebuah kota yang dianggap kuno berada di bawah laut?. Tepatnya kota-kota ini dulunya berada dia atas tanah, tentu kota ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Berikut beberapa kota kuno bawah laut:

 

Kuil Cleopatra, Alexandria

Hasil gambar untuk kuil cleopatra alexandria

 

Gambar terkait

Kuil ini tepatnya berada di Mesir, tepatnya di lepas pantai Alexandria. Kuil ini dipercaya merupakan kuil dari sang ratu mesir Celopatra yang tenggelam karena gempa bumi sekitar 1500 tahun yang lalu. Ditemukan sekita 140 Artefak (benda-benda seperti perhiasan yang menunjukan kecakapan manusia yang ditemukan melalui penggalian arkeologi) dan dipercaya bahwa makan sang ratu berada bersama dengan reruntuhan tersebut.

 

Hasil gambar untuk kuil cleopatra alexandria

 

Pavlopetri, Yunani

Hasil gambar untuk pavlopetri yunani

 

 

Pavlopetri yaitu sebuah kota kuno bawah laut yang terletak di Yunani, beberapa kota kuno memang dikabarkan menghilang salah satunya adalah Pavlopetri ini. Kota ini diperkirakan tenggelam pada tahun 100 sebelum Masehi dan ditemukan pada tahun 1967.

 

Hasil gambar untuk pavlopetri yunani

Meski reuntuhan yang ditemukan tidak lengkap, tapi jelas sekali bahwa struktur tersebut merupakan kota buatan manusia. Dalam reruntuhan ini ditemuka sebuah jalan, makam, arsitektur bangunan, dan lain-lain.

 

Dwarka, India

Gambar terkait

Bagi sebagian masyarakat India yang beragama Hindu, Dwarka digambarkan sebgaai kota kuno yang didirikan di tepi sungai Gomati. Kota tua kerajaan Krishna ini dulunya dianggap hanya sebuah mitos hingga pada tahun 200 ditemukan puing-puing bangunan yang sekarang dianggap nyata.

 

Hasil gambar untuk dwarka india

Salah satu artefak yang ditemukan ilmuwan menunjukkan tanggla tertulis sekitar 7500 tahun sebelum Masehi. Menurut legenda, dewa Krishna pernah tinggal dikota ini dan disebutkan dalam KitaB Mahabarata bahwa Sri Krishna adalah raja di Dwarka.

Hasil gambar untuk dwarka india

 

(Visited 9 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*