Keutamaan Hari Jum’at Bagi Wanita Yang Istimewa

Ternyata hari jum’at bukan hanya identik dengan pria yang pergi ke masjid untuk melakukan  sholat jumat lohh, tenyata di balik itu wanita juga memiliki keistimewaan, ini nihh…

 

Gambar terkait

Rasulullah teramat memuliakan hari Jum’at dan sudah banyak riwayat yang membahas tentang keutamaan hari Jum’at untuk wanita serta Rasulullah sendirilah yang sudah meminta kita sebagai umat muslim untuk memuliakan hari jum’at, di dalam sebuah riwayat, Rasulullah bersabda, ” hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari jum’at. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” [Riwayat Muslim]

Arti jum’at berkah tidak lepas dari makna berkah itu sendiri, menurut bahasa, berkah berasal dari bahasa Arab :  barokah  البركة

Istilah lain berkah dalam bahasa arab adalah mubarak dan tabaruk.

Selain itu, Rasulullah juga pernah bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku.” para sahabat berkata : ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” ( Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An- Nasa’i ).

  • Waktu Mustajab Untuk Berdoa.


    Gambar terkait

    Tidak hanya lelaki yang di harapkan untuk melaksanakan sholat dan juga memanjatkan sesuatu pada Allah, namun para wanita juga bisa melakukan hal serupa sebab di hari terbesut niscaya Allah akan mengabulkan permohonan tersebut.

 

 

  • Sedekah.

    Gambar terkait

    Hari jumat juga diutamakan untuk lebih banyak melakukan sedekah dibandingkan dengan hari lainnya. Ibnu Qayyim mengatakan, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”.

 

 

  • Hari Allah Menampakkan Diri

    Hasil gambar untuk allah

    Hari jumat juga menjadi hari dimana Allah menampakkan diri pada hamba=Nya yang beriman di surga. Sahabat Anas bin Malik Z dalam berpendapat dalam ayat, “Dan Kami memiliki pertambahannya” (QS.50:35) mengatakan: “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jum’at”.

 

 

  • Membaca Surat Al Kahfi.

    Gambar terkait

    Kaum muslim dan juga muslimah diharapkan juga untuk membaca surat Al Kahfi pada hari jumat.

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi, dishahihkan Al-Albani).

 

 

 

  • Perbanyak Doa.

    Gambar terkait

    Tidak hanya memperbanyak shalawat, keutamaan muslimah lain di hari jumat adalah lebih memperbanyak doa pada hari istimewa tersebut. Rasulullah sendiri sudah memberi penjelasan mengenai keutamaan doa pada hari jumat di dalam hadist yakni, ““Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut. (HR. Bukhari dan Muslim).

  • Rizki Berkelimpahan.

    Gambar terkait

    Hari jumat menjadi hari dimana rizki akan berkelimpahan. Di dalam Surat Al-Jumu’ah ayat ke 10, Allah berfirman, “Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

 

Ternyata begitu banyak berkah yang Allah berikan untuk kita yaa, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segalanya yaa sahabat Kirana.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*