Bermacam Salam Di Berbagai Negara – Udah Beri Salam Belum?

Selamat hari Senin dan selamat beraktifitas kembali sahabat kirana:) sudah bertemu dengan siapa saja hari ini? dan bentuk salam seperti apa yang sahabat berikan? berikut berbagai bentuk salam dari seluruh dunia…

 

Pasti berjabat tangan adalah salam yang sangat sering kita lihat kan sahabat? ternyata masih begitu banyak bentuk salam yang mungkin belum kita ketahui. Berikut ini adalah salam di seluruh Dunia..

 

Indonesia.

Gambar terkait

 

Orang-orang di Indonesia dan Filipina melakukan gerakan indah yang disebut Salim (Indonesia) atau Mano (Filipina) untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang tua. Mereka mengambil tangan orang tua dan menempelkanya ke dahi, tak jarang mereka mencium tangannya.

 

Gambar terkait

 

Rakyat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa biasa mengatupkan kedua telapak tangan di atas pinggang untuk menunjukkan rasa hormat. Umumnya sungkem dilakukan oleh anak kepada orang tuanya sebagai bentuk hormat sekaligus tanda berbakti kepada orang tua.

 

Wai – Thailand.

 

Gambar terkait
Hasil gambar untuk cara salam di thailand

 

Nah, kali ini datang dari negara tetangga kita, iya negara gajah putih, Thailand. Negara ini juga dikenal dengan bentuk salam yang khas(sawatde khrab/kaa) Jadi, bentuk salam di Thailand itu sendiri dikenal dengan sebutan Wai di mana mereka meletakkan tangannya seperti orang berdoa sambil sedikit menundukkan kepala. Nah,sahabat bisa melihat tingkat menghargainya orang Thailand dari posisi tangannya saat memberi salam loh karena semakin tinggi posisi tangan, maka semakin orang tersebut menghargai orang lain.

 

Menggesekan Hidung – Selandia Baru.

 

Gambar terkait
Gambar terkait

 

Suku Maori merrupakan orang-orang pribumi asli Selandia baru yang memiliki salam tradisional yang disebut dengan Hongi. Yang berarti berbagai nafas kehidupan, cara melakukan salam ini sangat unik. Dua orang yang bertemu dengan lembut menekan hidung mereka satu sama lain.

 

Membungkuk – Jepang.

 

cara-unik-memberi-salam-dari-berbagai-negara7
Hasil gambar untuk salam di jepang

 

Jepang memang sudah terkenal akan budaya bersalaman dengan cara membungkuk. Namun ternyata membungkuk memiliki banyak jenis dan artinya loh sahabat. Semakin orang tersebut dihormati, orang lain akan semakin membungkuk sampai sembilan puluh derajat. Jika salam dilakukan pada orang dekat atau teman, biasanya hanya berupa anggukan kecil kepala.

 

Menjulurkan lidah – Tibet.

 

Gambar terkait

 

Kalo di Indoneisa menjulurkan lidah di anggap sangat tidak sopan, tapi kalo di Tibet, itu adalah gestur salam yang biasa dilakuin. Tradisi ini awalnya dilakuin sejak pemerintahan Lang Darma di abad ke-9, orang-orang disuruh menjulurkan lidahnya sebagai bukti mereka bukan reinkarnasi dari raja.

 

Meludah – Kenya dan Tanzania.

 

Gambar terkait

 

Ini aneh banget sih. Di mana-mana ngeludah tuh nggak sopankan sahabat? tapi itu justru merupakan tradisi dari suku Maasai di Kenya dan Tanzania. Mereka meludah satu sama lain sebagai tanda salam dan tanda hormat. Tapiii, suku yang lebih muda harus meludahi tangan mereka sendiri dulu sebelum menawarkan ke orang yang lebih tua. Sungguh aneh tapii nyataaaa…

Unik-unik kan sahabat? salam yang seperti apa yang sahabat suka? jangan lupa memberi salam pada sesama yahh…

(Visited 5 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*