Bagaimana Pola Makan Yang Baik Untuk Kesehatan Kita?

Bagaimana pola makan yang baik dan sehat untuk kesehatan kita? lakukan ini….

Menjaga pola makan memang hal yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Tapi, makan yang berlebih juga tidak baik loh buat kesehatan. Lemak yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan obesitas, kerusakan dinding arteri, resiko kanker berlebih, sembelit, kerusakan otak, dan kolestrol tinggi.

Lain halnya apabila anda melakukan diet, diet yang terlalu ketat dan cenderung tidak sehat dapat memicu gangguan pada pola makan, lemah jantung, gangguan mental, dan penuaan dini. Bagi anda yang ingin melakukan diet, sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan yang baik dan sehat. Bagaimana sih caranya?

 

1. Sarapan Tinggi Protein

 

Seperti pada artikel sebelumnya, sarapan memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menurunkan berat badan. Kita harus mengawali hari dengan sarapan tinggi protein dan yang mengandung glukosa. Protein dapat anda dapat dari kandungan susu, telur, gandum, yogurt, dan keju. Makanan dan minuman tersebut sangat baik anda makan pada saat sarapan. Terlebih susu, sangat baik apabila kita mengawali hari dengan meminum susu karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan kalsium yang tinggi diperlukan tubuh.

 

2. Minum Air Putih

 

 

Tak diragukan lagi, air putih sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Yaitu, membantu menghilangkan racun, meningkatkan metabolisme, kulit menjadi lebih sehat, mencegah gangguan pencernaan, dan yang paling penting bagi kita yang dalam program diet adalah mencegah berat badan. Cara penerapannya adalah, minum empat gelas air dengan takaran 160 ml air/ gelar setelah bangun tidur dan jangfan makan apapun setelah 45 menit setelahnya. Pastikan anda minum air putih hingga 8-10 gelas perhari.

 

3. Lengkapi Dengan Serat

 

 

Serat terbagi menjadi 2 jenis yaitu serat yang larut dalam air (oat, kacang almond, sayuran brokoli & wortel) dan serat yang tak larut dalam air (sayuran hijau, gandum utuh, biji-bijian, buah-buahan). Manfaat serat bagi kesehatan tubuh antara lain adalah baik untuk pencernaan terutama usus, menurunkan resiko terkena kanker usus besar, mencegah diabetes dan kolestrol.

 

Mulai dari sekarang aturlah pola makan sahabat dan mulailah hidup sehat!

(Visited 4 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*