5 Negara Muslim Di Dunia

Halo sahabat Kirana, banyak sekali negara muslim ataupun negara yang masyarakatnya dominan dengan muslim. No 5 nggak nyangka banget.

Muslim berarti seseorang yang berserah diri kepada Allah, termasuk seluruh makhluk yang ada di muka bumi dan langit. Kata muslim merujuk kepada umat manusia yang beragama islam saja, dengan pria yang disebut muslimin dan perempuan disebut sebagai muslimah.

   Umat muslim sangat meyakini bahwa Allah adalah zat yang kekal, tidak tertandingi, tidak melahirkan dan tidak diperanakkan, mereka meyakini akidah ketauhidan. Seorang muslim wajib menjalankan perintah Allah seperti sholat fardhu (sholat 5 waktu) yaitu sholat shubuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya.

 

Berikut negara-negara muslim di dunia:

 

1. Arab Saudi

 

Arab memang sudah dikenal sebagai negara muslim dengan adanya kiblat seluruh umat muslim untuk menjalan sholat. Bahkan di dua kota di Arab Saudi tidak diperbolehkan untuk orang yang non-muslim untuk mengijak tanah tersebut yaitu kota Mekkah dan Madinah. Karena kedua kota tersebut merupakan kota yang dianggap suci, dengan terdapatnya Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di kota Madinah.

 

2. Brunei Darussalam

 

Negara yang di ibukotai oleh Banda Seri Begawan(salah satu destinasi wisata utama) merupakan salah satu negara dengan masyarakat muslim hingga 67% penduduk negrinya. Negara kecil ini memang sangat megah dan terkenal dengan masyarakatnya yang sejahtera dan berkecukupan. Karena negara ini dikenal akan kekayaan minyaknya yang melimpah. Islam masuk ke Brunei Darussalamk sejak abad ke-14 dan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin merupakan masjid termegah di negara ini.

 

3. China 

 

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa china dominan dengan masyarakat yang beragama Budha dan Khonghucu, tapi siapa sangka China termasuk negara muslim loh sahabat. Islam masuk ke China sejak zaman nabi Muhammad SAW, melalui jalur perdagangan kuno yang menghubungkan Asia, Timur Tengah, dan Eropa. China memiliki sebuah daerah yang didominasi dengan masyarakat muslim bernama Whuzong di Nixia dan sebuah masjid tertua dan termegah di Tiongkok.

 

4. Turki

Turki merupakan salah satu negara muslim terbesar dalam sejarah. Terbukti oleh Kesultanan Utsmaniyah yang berkuasa di Turki pada tahun 1453. Kini hingga 99.8% penduduk di Turki beragama islam, dan kebanyakan gereja-gereja peninggalan Bizantium termasuk Haghia Shopia dibuah menjadi masjid-masjid nan cantik di Turki.

 

5. Australia

Di Australia terdapat sebuah museum islam yang sangat menarik bernama Islamic Museum of Australia di Thornbury, victoria yang dibangun pada tahun 2010. Islam di Australia terus meningkat setiap tahunnya. Menurut sejarah pengunjung-pengunjung islam di australia pertama kali adalah muslim bugis dan kemiripan bahasa mereka dengan suku Aborigin. Orang-orang muslim di Australi saat ini hidup diberbagai kota-kota besar dan sebagian berstatus sebagai pekerja, dan masuk kategori profesional yaitu administrator.

 

Dan masih banyak lagi negara-negara muslim di dunia…………….

 

(Visited 6 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*